Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flashing Samsung Galaxy A50s SM-A507FN

Kali ini admin akan membahas bagaimana cara flash hp Samsung Galaxy A50s SM-A507FN menggunakan Odin3. perangkat android tentunya lama-kelamaan akan mengalami penurunan performa pada sistem, antara lain lemot/lelet, ngehang/blank.

Flashing sendiri juga dapat mengembalikan bawaan sistem seperti awal kita membeli hp samsung. untuk itu kita dapat mengatasi permasalahan seperti lupa pola, lupa password & lupa sandi. Langsung saja ikuti langkah yang kami berikan untuk mengatasi permasalahan perangkat yang anda gunakan.

Alat & Firmware

  • Pertama siapkan kabel Usb yang masih bisa terhubung dengan normal
  • Download & install Usb driver samsung, langkah ini guna memasang driver ke dalam sistem windows yang bekerja di laptop atau komputer.
  • Download & install Odin3 ke laptop/komputer, Odin3 sendiri guna untuk memasukkan file firmware kedalam hp anda.
  • Siapkan Firmware Samsung Galaxy A50s SM-A507FN, langkah ini sendiri adalah file sistem yang ada pada perangkat samsung yang akan anda instal kedalam hp samsung.

Cara Flash

  1. Matikan perangkat anda terlebih dahulu kemudian masuk Downloading Mode. Untuk melakukannya, silahkan tekan tombol 'Power + Volume Bawah + Volume Atas' secara bersamaan kurang lebih 3 sampai 5 detik (hingga ada getaran) lalu lepaskan. Setelah itu tekan lagi tombol 'Volume Atas' untuk masuk ke halaman utama downloading mode.
    Cara Flash Samsung Galaxy V Plus SM-G318
  2. Buka software / Aplikasi ODIN3 dengan cara klik kanan Icon Odin3, lalu pilih 'Run as administrator'.
  3. Hubungkan smartphone samsung anda dengan komputer menggunakan kabel USB. Sesaat setelah terhubung, perhatikan di bagian 'Log' ODIN3, jika terdapat pesan 'Added!!',ini menandakan perangkat sudah terhubung dengan baik. Namun apabila tidak ada, cobalah untuk piindahkan kabel USB ke port lain atau ganti dengan kabel USB yang lain.
    Cara Flash Samsung Galaxy A50s SM-A507FN Matot
  4. Selanjutnya, klik tab 'Options' pada ODIN kemudian ceklis (✓) pada kolom "Auto Reboot" dan "F. Reset Time". Sisanya tidak perlu dicentang.
  5. Karena file firmware di atas merupakan singel file, jadi kalian hanya perlu menekan tombol "AP" saja yang ada disebelah kanan ODIN, setelah itu pilih (ekstensi .tar.md5).
  6. Tetapi jika file firmware yang kalian ada 4 buah (CSC, BL, AP, CP), maka kalian harus mengklik satu-persatu tombol tersebut kemudian pilih sesuai dengan nama file.Cara Flash Samsung Galaxy A50s SM-A507FN Bootloop
  7. Langkah berikutnya, silahkan klik 'Start' untuk memulai proses pemasangan firmware dan tunggu hingga selesai. Apabila prosesnya berhasil, maka ODIN akan menunjukkan pesan PASS!!, tetapi jika gagal, pesan yang ditampilkan FAIL!!.
    Cara Flash Samsung Galaxy A50s SM-A507FN mudah
  8. Saat flashing berhasil, ponsel secara otomatis akan melakukan Restart / Reboot. Tahap ini memerlukan waktu kurang lebih 5 menit atau bisa lebih karena booting pertama di firmware baru. Sambil menunggu, silahkan cabut kabel USB yang menghubung ke perangkat. Selesai.

                  Mengatasi perangkat Samsung yg Menyala sampai logo (Bootloop)

                  • Hal pertama cobalah melakukan reset perangkat samsung setelah flashing  anda melalui recovery sistem.
                  • Pastikan anda menjalankan ODIN dengan cara Run as administrator.
                  • Pastikan anda membaca teliti panduan di atas jangan sampai ada yang terlewatkan.
                  • Periksa port USB, jangan sampai goyang atau bermasalah.
                  • Periksa firmware, apakah sudah sesuai dengan nomor model ponsel ataukah tidak.
                  • Periksa file firmware/ROM, pastikan tidak mengalami kerusakan (corrupt) saat selesai didownload.
                  • Update Samsung USB Driver atau ODIN3 ke versi baru.
                  • Install ulang Samsung USB Driver, lalu restart komputer.
                                  Setelah langkah yang sudah kami berikan di atas sudah dilaksanakan namun tetap gagal, besar kemungkinan Ponsel Samsung Galaxy A50s SM-A507FN bisa jadi mengalami permasalahan pada hardware. Untuk itu cobalah untuk memeriksakannya ke service center terdekat yang ada di kota kalian. Sekian & terimakasih :)