Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Flash Firmware Samsung Galaxy A50 SM-A505F

 Kali ini admin akan membahas bagaimana cara flash hp Samsung Galaxy A50 SM-A505F menggunakan Odin3. Smartphone yang bersistem android tentunya lama-kelamaan akan mengalami penurunan performa pada sistem, diantaranya lemot/lelet, ngehang/blank.

Flashing hp samsung sendiri juga dapat mengembalikan bawaan sistem atau yang bisa kita kenal istilah reset. seperti awal kita membeli hp samsung. untuk dapat mengatasi permasalahan seperti lupa pola, lupa password & lupa sandi. Ikuti langkah yang kami beri tahu untuk mengatasi permasalahan perangkat samsung anda.

Peringatan: Jika salah satu link di atas mengalami masalah atau error, silahkan di informasikan melalui kolom komentar agar dapat saya perbaiki.

Alat Flash & Firmware Samsung

Sebelum anda melakukan flashing, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan terlebih dahulu untuk flash Samsung Galaxy A50 SM-A505F berikut:
  • Anda perlu siapkan kabel Usb yang dapat terhubung ke komputer dengan normal
  • Anda Download & install Usb driver samsung ke Pc/komputer, langkah ini guna memasang driver ke dalam sistem windows.
  • Siapkan Download & Odin3 dan install ke laptop/komputer, Odin3 sendiri guna untuk memasukkan file firmware kedalam hp anda.
  • Terakhir File Firmware Samsung Galaxy A50 SM-A505F, langkah ini sendiri adalah file sistem yang ada pada perangkat samsung yang akan anda install di hp samsung.

Cara Flash Samsung Galaxy A50 SM-A505F

Melakukan flashing atau bisa dibilang instal ulang sebuah perangkat yang bersistem operasi android merk apapun. Sekarang anda tidak perlu susah melakukannya karena memang mudah jika anda dapat memahaminya.

Jika anda masih bingung, simak penjelasan detail di bawah ini:
  1. Matikan perangkat anda terlebih dahulu kemudian masuk ke tampilan Downloading Mode. Silahkan anda tekan tombol 'Power + Volume Bawah + Volume Atas' secara bersamaan kurang lebih 3 sampai 7 detik (sampai ada getaran) lalu lepaskan. Setelah itu pilih dan tekan tombol 'Volume Atas' untuk masuk ke halaman utama downloading mode.
    Cara Flash Samsung Galaxy A50 SM-A505F
  2. Buka software ODIN3 dengan cara klik kanan Icon Odin3, lalu pilih 'Run as administrator' pada komputer anda.
  3. Hubungkan smartphone anda ke komputer menggunakan kabel USB. Sesaat setelah terhubung, secara otomatis di bagian 'Log' ODIN3 terdapat pesan 'Added!!',ini menandakan kalo perangkat sudah terhubung dengan baik. Namun apabila tidak ada, cobalah untuk memindahkan kabel USB ke port lain atau ganti dengan kabel USB yang bisa terhubung dengan baik.
    Cara Flash Samsung Galaxy A50 SM-A505F Matot
  4. Kemudian, pilih / klik tab 'Options' pada software ODIN kemudian centang (✓) pada kolom "Auto Reboot" dan "F. Reset Time". Sisanya tidak perlu diceklis.
  5. Kadang File firmware samsung ada 2 tipe yaitu single file & 4 file, jadi jika single file kalian hanya perlu menekan tombol "AP" saja yang ada disebelah kanan ODIN, setelah itu pilih (ekstensi .tar.md5).
  6. Tetapi jika file firmware samsung kalian ada 4 buah (CSC, BL, AP, CP), maka kalian harus memasukkan satu-persatu ke bagian tersebut dan pastika pilih sesuai dengan nama file.Cara Flash Samsung Galaxy A50 SM-A505F Bootloop
  7. Selanjutnya langkah memulai proses flash, silahkan klik 'Start', tunggu hingga selesai. pesan PASS!! menandakan flash yang anda lakukan berhasill sebaliknya jika yag ditampilkan pesan FAIL!! menandakan flash tidak berhasil.
    Cara Flash Samsung Galaxy A50 SM-A505F mudah
  8. Saat flashing berhasil, Samsung anda secara otomatis akan melakukan Restart / Reboot. Tahap ini memerlukan waktu kurang lebih 5 menit atau bisa lebih karena booting pertama di firmware baru. Sambil menunggu ke tampilan layar awal, silahkan anda cabut kabel USB yang menghubung ke perangkat. 
  9. Selesai...
                  Sekian artikel Cara Flash Firmware Samsung Galaxy A50 SM-A505F via Odin3, langkah flash yang telah kami berikan di atas, jika sudah dilaksanakan namun tetap gagal, besar kemungkinan Ponsel Samsung anda mengalami permasalahan pada hardware. Sekian & terimakasih :)